Jumat, 24 Februari 2006

Paling Benci, Padahal...Eh, Ternyata...

Saya paling suka pelajaran Fisika dan Matematika. Biologi juga demen, pas kelas dua. Cuman, kalau sudah harus menghapal segala nama latin binatang atau apapun, saya nyerah. Jadi, agak nggak suka Biologi. Tapi, Matematika, dan Fiska? I just loved both lessons so much. Enjoylah dengan segala PR dan ujian.


Namun, sampai ke Kimia....


Ugh. Asli, sebel bin dengki, hi hi hi.


Berusaha cinta....tetep aja mangkel. Sampai ke ubun-ubun...Hingga, kalau sudah datang jam Kimia (kelas 3 SMA nih), saya selalu berusaha cari alasan untuk keluar kelas. Mulai dari rapat Kopsis, latihan PMR, dipanggil untuk mengobati orang membuka ruang kesehatan, sampai yang paling jelas ngibulnya,....melayani pembeli Kopsis. Ha ha ha.


(Note: saya ketua Div. P3K PMR....bertanggungjawab pada runag kesehatan dan tim kesehatan setiap upacara....baca: selama 2 tahun tidak pernah berbaris upacara....adanya duduk di kursi empuk dokter di ruang kesehatan, uhuy...


Saya bendahara Kopsis, dan bagian Humas Bina Remaja...sengaja lah cari tugas.)


Ibu guru Kimia sudah hapal dengan perilaku saya. Beliau masuk, saya berdiri.


"Ya Maimon?"


"Permisi Bu. Ada...." Apakah rapat....atau apa saja yang kebetulan bisa dipake alasan.


Sekali, beliau takjub saya tidak minta ijin. "Nggak keluar hari ini Maimon?"


"Tidak Bu." Jujur, memang tidak ada apa-apa yang bisa jadi alasan. Mau ngibul, nggak mau dosa. Terpaksa diam di dalam kelas.


Teman-teman sekitar pun jadi heran. Sampai salah satu teman dekat, di akhir pelajaran mendekati. "Rajin amat nyatat pelajaran barusan, Mun? Pinjem dong bukunya."


Hua...Saya mah bikin cerpen di buku tulis...bukan nyatet pelajaran.


Eniwei, segitu sebelnya sama Kimia, pas Ebtanas, satu-satunya nilai di bawah 6...apalagi kalau bukan Kimia. but, the truth, saya sendiri tak percaya ketika melihat nilai Kimia saya 5 koma something. Kok masih bisa dapet lima sih? Heran bin ajaib.


(Saya berpendapat itu asli pertolongan Allah. Jika mentok di multiple choice, nggak tau jawabannya apa, saya melakukan 'ijtihad' sendiri. Tutup mata, angkat pena, bertakbir dan menjatuhkan mata pena ke kertas. Mana huruf yang paling dekat, itulah jawaban saya. Really a stupid way to answer any test, but it worked!! Fiuh)


Allah Maha Tahu...Ealah, saya malah menikah dengan dosen Kimia...yang tergila-gila dengan hal satu ini. Sampai, agaknya,...kalau sedang sebel dengan saya...beliau pun mengingat rumus-rumus Kimia. Ha ha ha.


Lebih tragis lagi, ketika di UK, saat kerja sebagai petugas kebersihan di sekolahan, saya malah ditawari jadi asisten Lab Technician.


What? Me? Me? (Tengook kiri kanan)


"Why don't you give the job to mys husband, then?"


Tapi, boss lebih milih saya.


Jadilah, tahun lalu saya apprenticing assiten lab technician. Bikin solution, nyedian mortar practical, rusting experiment etc. Sebagian besar saya suka sih. Karena banyak bicara molaritas, satu-satunya bagian Kimia yang saya suka dan saya kuasai (nyengir)


Ketika tiga pekan lalu, teknisi lab yang saya tolong selama 4 bulan masuk rumahs akit, otomatis telunjuk mengarah ke saya. "Will you able to help?"


O o o.


Kalau cuman disuruh-suruh mah aye kagak takut. Ada Teknisi yang mnegawasi. But, alone? Menghadapi segala zat aneh-aneh itu? Tak tertutup kemungkinan segala carcinogens chemical? Segala toxic fumes? Segala explosive material? Wayaiii


Tapi, bayangan pound lebih menggoda...


Ya, iya deh....


Sudah dua pekan hari-hari saya penuh dengan segala zat kimia...not mention nama-nama yang aneh. Misal wire stirrer? Saya belum ketemu sampai saat ini. Potassium dichromate VI....very toxic!!! Bisa bikin kanker. Clorine gas....toxic!! Suphuric Acid...corrosive...


Suka? Well, ofcourse. Ini chalenge...Bisa menggunakan otak...


At a long last, it down to me, that I am not that hopeless in chemistry. Coba aja, kesadaran ini datang 13 tahun yang lalu....I might not go about finding false activities. I would be happily sat  on my chair, hanging to every word my Chemistry teacher said.


Alas.


 


 

60 komentar:

ummi nida aufal mengatakan...

hehehhe, teteh...teteh..mungkin itu hikmahnya menikah dg dosen kimia :D
btw, nginep ditempatku teh? *blink blink*

maimon herawati mengatakan...

Dik, kalau jadi bisa pulang, nginep di dikau ya Say? (blink blink)
Mau juga dong ketemua akhwat kita di sana ;-) Teteh baru take off dari Singapura jam 13 esoknya...(Bikin dikau repot yah? kek kek kek)
Iya, tuh. Jadi banyak bahan diskusi hari-harinya.
Banyak alasan untuk nelpon dri tempat kerja. Misal, barusan, FE+3 bisa pakai apa saja?

ummi nida aufal mengatakan...

hueheheh...seruseru...tunya tanya bahan kimia *jadi inget masa2 belajar kimia di sma dulu :D*
boleh donk teh, gapapa yaa nginep di rumah susun? beneran rumah susun lho, bukan apartement apalagi condominium, tapi insyaallah gak keujanan, cuma...rada kepanasan coz gak punya aircon, heheheh
ditunggu!

Fitr Tanjuang mengatakan...

Aku juga bergulat dengan zat kimia, Uni. Padahal dulu nggak benci2 amat tuh...hehehe.
Selama ini yang organik, tapi mulai melebar ke non-organic kayak HF, H2SO3, NH4OH, H2O2, HCl dan Ozon serta racun2 lainnya...:))

maimon herawati mengatakan...

Yee, seru- sih seru...cuman, (nyengir) ketahuan lab technician palsu. He he he he.
Kalau disebut rusun, pasnya rumah teteh di UK yg rusun :-)) Dan Rusun betulan lho, bukan apartement apalagi condominium (apaan sih condo..ini?). Tapi insya Allah nggak keujanan, apalagi kesaljuan,cuma...rada kedinginan coz jendelanya bukan dobel glazz, hi hi hi.
Maklum, student nggak ada beasiswa...cuman petugas kebersihan.
(Apa-apan sih Dik...Rumah kita di Cikuda mah kan juga biasa-bisa...ada uler malah)

maimon herawati mengatakan...

he he he, kalau Fitr mah memang expert dan sudah cerdas dari sananya. Allah udah tau, kalau disuruh berkenalan dengan yang beracun-racun, insya Allah aman...
Lha, saya? Emak-emak? yang sudah lewat masa sekolah? Wah, minta perlindungan saja sama Allah...Semoga lab saya nggak meledak. (hyyyy, syereeem)

Fitr Tanjuang mengatakan...

Nggak kok. Kantor yang ngajarin gimana cara saat menggunakan zat apa.
Lagi pula harus ada MSDS (Material Safety Data Sheet) untuk tiap zat kimia khan? Ada Personal Protection Equipment, Emergency Procedure, tes kesehatan tiap tahun dll.
Safety first, safety first...:)

maimon herawati mengatakan...

sangat sepakat....
Imun juga jadi minta nambah jam kerja,...supaya nggak buru-buru. Takutnya, karena ngejar kerjaan selesai, dengan waktu meffet, malah nyampur zatnya nggak bener. Bisa meletus. (Sekalian nambah pound, he he)

Ibu Maryamilyas mengatakan...

Muuun, Uni suka sekali jurnalmu yang ini... I can relate in many ways...
Uni sebenarnya suka kimia, terutama stoikiometri (sama yah...), tapi malah kimia satu-satunay nilai yang pernah merah. Kayaknya faktor guru berpengaruh besar. Mungkin juga Imun dulu karena gurunya nggak menunjang...?
Kalau Uni karena suka 'telmi', sering menemukan ilmu yang dulu nggak disuka, kemudiannya kok jadi menarik. Atau mungkin dulunya suka moody kalau belajar yah, jadi aja suka nyerah duluan, nganggep susah duluan.
Sttt, Mun, bisa dapet ide banyak kan buat percobaan kimia yang aman buat di rumah buat anak-anak...?

oki murazza mengatakan...

Uni,..ambo juga belajar Kimia, Teknik Kimia sih tepatnya, cuman yah banyak muatan Kimianya. Uni, kenalin sama Uda donk...kan masih satu guru satu ilmu..:D Kalau abis nge-lab katanya sih dianjurkan minum susu, katanya bisa merontokkan semua racun2 yg tercium di lab. Tapi di jalan, di dapur, juga semuanya zakt kimia yah :)

Ifa Avianty mengatakan...

Mwahahahaha...
Hihihihi...
Oops... udah ketawanya ah... takut dicemberutin Imun...
Aku dulu malah paling cinta sama Kimia, disamping math, bhs Jerman, dan English.
I hate Fisika dan bhs Indonesia. Soale gurunya ngebetein!
Saking cintanya sama Kimia, masuk Metalurgi. Tapi kerjanya malah nulis (which is pake bhs Indonesia tea). Huhuhu... betapa ribetnya dunia!
Skrg malah suka kangen sama Kimia dan Material Scinece. Bole tuh, Mun, kalau ada lowongan di sono... :-)

Ifa Avianty mengatakan...

Sama duonk, Mun, teh Febi.
Rumahku di cinere ini udah dua kali dimasukin uler. Gede pula...
Ini apaan seh malah pada ngebahas uler? penting yah ngebahas uler malam2 gini, bikin saya takut? Hehehe, dasar ibu Ifa penakut ajah ini mah!

yuni hanafi mengatakan...

kikikikiki jd ingat diri sendiri yg subel malebel sm kimia dan fisika krn gak ada nyantol diotak blas,udah belajar tetep gak paham juga yg ada malah pas pelajaran kimia datang cuna ngantuuuuuk.........

ummi nida aufal mengatakan...

aduuuh teteh, itu mah bukan cuma di cikuda, rumahku yg di seberangnya Metro-Soekarno Hatta aja pernah kemasukan uler heheheheh
Ah...jatinenjer, jadi kangen...:x

Helvy Tiana Rosa mengatakan...


Jadi ingat, kimia dulu jadi pelajaran favoritku juga di SMA ;D

Btw gimana kabarmu, say? (lagi cemburu nih sama mereka yang pernah ditelepon langsung dari inggris...). Semoga sekeluarga selalu baik yaaaa. Amiin. Miss u all

maimon herawati mengatakan...

hi hi, kayaknya iya. Soalnya guru Kimia di sebelah juga bilangnya gitu. "Guru Umi kali kurang bisa menerangkan."
(Alah, baca kebaliknya....Abi berminat jadi guru Umi pas SMA...(?!!?) hi hi)
Cuma, kok Imun lari dari medan perang ya? Jujur, Imun juga moody sih Uni. Sudah berusaha mencintai pelajaran, apa daya...cerpen lebih menarik...
Praktek kimia dengan anak-anak? Nha, itu tugas guru beneran....bukan bagian teknisi palsu, he he

maimon herawati mengatakan...

Oki,
sudah sering Uni nyebut nama Oki ke beliau. Liat juga ada satu email Oki di box beliau. Nggak dibalas ya?
(Adduh, kasihannya beliau. Saking sibuknya dengan tesis + ngurus anak, sampai nggak bisa menyambut emailmu)
Nanti disebut lagi ya namamu, insya Allah. Semoga, kali ini beliau aware kalo ada email yg harus dibalas :-))
Tentang minum susu, minumnya boleh nyampur sama kopi nggak?

Dina Sulaeman mengatakan...

Ni Imun dulu SMA 1 bukan? Dulu saya benci kimia karena gurunya (Pak K) dia kan emang sengaja tuh kasih soal2 njelimet yg hrsnya dikonsumsi anak kuliahan. Ada 2 cara untuk bisa dapat nilai bagus: pertama harus jenius asli, kedua, ikut les. Saya ambil yg kedua dan dapat 7 di rapor :D

maimon herawati mengatakan...

Yaaa, jangan diketawain dong Bu...(he he he hi hi ha ha ha...sampe gulingan)
Iya Mbak. Imun juga bingung. Sering ditanya bule, "What is your training for this job? Bule ini biasanya yang bukan Science Dept, tapi masih sesekolah.
Asli, gimana ya jawabnya? History Master, Journalism Bachelor, eh,...hm...Physic Senior High (but I hate Chemistry(?)),...and I am into a bit of writing as well.
Haaa, nggak nyambung, asli.
Akhirnya, jelasin aja pernah nyantri sama Carol, kek kek

maimon herawati mengatakan...

(Pengumuman, balas punya Mbak, lompat que nggak apa ya...soalnya sudah meffet mau ke train station nih...biasa week end- aye jalan-jalan)

Mbak Cinta,
Imun sudah 4 hari ya kirim personal message :-) Cuman, I understand, banyak penggemar yang nulis, jadinya mesti tu surat nyempil...he he
Mbak Sayang,
kalau Imun nelpon, Ibu yang selalu angkat. Mbak ke Pontianak, Mun...sama Faiz. Mbak ngajar Mun. Mbak ke Sukabumi, Mun...
Hi hi hi....
Belum hopeless sih.
Cuman, sejak Mbak pindah, Imun memang belum nelpon lagi...(ke Ibu, maksudnya)
Mau doong, dikirim ke maimonh@gmail.com nomor telepon Mbakku Sayang....
Imun kangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen banget.\
No word can express it.
I love you....and always...
Muah Muah

suci sadiq mengatakan...

kimia??? gubraxxx....

oki murazza mengatakan...

Wahh..itu ngga ngerti, kayaknya sih lebih afdhol kata di minum susu tok. Kata guru biologi di SMP dulu, susu berfungsi menetralkan racun..

Fitr Tanjuang mengatakan...

Huss, jangan gunjing disini...hehehe
Aku nggak bisa ikut les dulu karena melarat....
Untung teman yang kaya2 pada mau minjamin buku teks...:))

seli naswati mengatakan...

Hi..hi..hi.. 'tembak jenggo' ingat juga gaya multiple choice dulu..
gara-gara tembak jenggok ni.. di pelajaran bahasa inggris sempat cuma salah satu dari total 60 soal... hee..he.(tapi sadar juga semua tak lain asli pertolongan Allah)

maimon herawati mengatakan...

Tau nggak Mbak Ifa? Subuh itu bangun lebih dulu, mau lail dikit. Trus ke wc, mau wudhu.
HIYYA!! Uler, segede lengan, warnanya item, bergelung di lantai WC!!
Rumah gempar! Semua ngungsi ke ruang depan, dengan muka pucet semua. Yang nggak terlalu schock lalu melapor ke tetangga.
Datanglah bapak-bapak tetangga. 1/2 jam kemudian, tu uler udah dimasukkin karung.
Efeknya?
Sebelum masuk WC, lampu dihidupkan, lalu ngintip sedikit ke dalam. Semua diliatin. Pas mau make WC jongkok, beberapa lama yang ada di ingatan, uler!!
Karena jalan masuk uler lobang wc itu. Di belakang rumah kita, kebun bersemak rimbun, sebelah sungai. So, ular? Banyak lah ya.

maimon herawati mengatakan...

hi hi hi, minum kopi dulu sebelum ke sekolah ngaruh nggak?

maimon herawati mengatakan...

Lho, trus, ngapain kos di jatinangor dik? (Bingung....)

maimon herawati mengatakan...

SMA 2 Din.
Di SMA kita (sepengetahuan Uni) jarang ada les privat deh...

maimon herawati mengatakan...

gubraxxx....setelah sampe rumah....panek bana

maimon herawati mengatakan...

waaa, saingan sama Wafa doong :-))

maimon herawati mengatakan...

pis, Fitr.
Kalo bicara melarat....dikau nggak sendiri, Fitr? he he he, sebelum sekolah jualan lontong dulu :-))

maimon herawati mengatakan...

Wah, selamat ya....
Ternyata make cara ini juga ya? (Nyengir)

TYo bRownHieze mengatakan...

hihihi.. akhirnya jadi suka ya mbak.. :D

dulu waktu sma paling suka ma kimia mbak.. pas kuliah tingkat satu.. amit2 mbak.. jadi paling anti.. alesannya karena makin susah, jadi tergopoh2.. dan akhirnya nyerah... tapi sebenernya tetep suka.. kl emg ditelateni.. :D

bener mbak, kadang yg berpengaruh itu guru/dosennya mbak.. gak bisa mbuat itu pelajaran jadi sesuatu yg menarik... (ceritanya sang murid gak mau disalahkan niihh :P)

Dini Kuswidiani mengatakan...

kimia???walah...gak pernah bersahabat ma 5 huruf itu...musuhan mulu, dulu sma ambil jurusan biologi krn suka dgn biologi, tp kimia....??????? emang takdirnya sy nya aja kali ya ni yg ngga jodoh ma kimia2an...
brarti sesuatu yg di benci seriing dgn proses jd bisa cinta jg ya..:)
ni....jd ke jakartakah tgl 18 april ??? andai bogor - padang dekeeetttttt

IrfanLisa PANCHA mengatakan...

Teh, sebagai seorang insinyur kimia (cieeeee .....:), boleh kan kasih masukan??
Menghadapai bahan-bahan kimia gak usah terlalu takut, yang penting jangan lupa pake gloves dan jangan hirup langsung uang bahan kimia. Kalo berhubungan dengan zat kimia pekat, jangan lupa kerjakan semuanya di ruang asam.
Lagian kenapa juga Teteh yang ditawarin kerjaan asisten lab itu? Kenapa bukan aku aja ya? Hehehehe....

MAin ke Jakarta ya Teh kalo dah pulang. Lisa insya allah ada dirumah. Bapak sama ibu kepengen ketemu ama anak2 Teh.

Dina Sulaeman mengatakan...

saya gak kaya Fitr, anak PNS :D
tapi emang lesnya di rumah org kaya, anak kepala PU :))

prajuritkecil tak bernama mengatakan...

dulu waktu sma ada guru fisika yang kalo ngajar asiiiik banget....! tiba-tiba aja belajar fisika menjadi sangat menyenangkan... selain gurunya juga cakep...! huuuuu...... trus...trus... pas kelas dua dan tiga, gurunya ganti. Gubraksss....! gak ngerti lagiiii......jadi sering deh memanfaatkan jabatan di OSIS buat rapat-rapat di pas waktu pelajaran FISIKA. hueheheheheheh....ngintrik banget gitu lho...
btw, teh... aye dari SMP kelas satu sampe SMA kelas tiga malahan...kagak pernah ikutan upacara bendera. kerjanya jagain ruang UKS...kalo-kalo ada yg sakit. cuma ribetnya kalo ada yg pake pingsan-pingsan segala... pegel n cangkeul euy...gotong-gotong orang....

eh..eh... lagi ngomongin kimia ya..???

maimon herawati mengatakan...

hi hi hi, iya...
(para guru melotot)

maimon herawati mengatakan...

insya Allah (jika Allah ijinkan dapet visa lagi...) jadi mohon doa, ya teh, semoga dapet perpanjangan visanya

maimon herawati mengatakan...

Sa, kasih masukan lagi dong...
Gimana jika berhadapan dengan cupboard toxic. Ketika membuka pintu lemari, apakah tahan nafas dulu? Atau, buka, lari, trus balik lagi setelah beberapa lama?
Isinya mercury dkk.

maimon herawati mengatakan...

Din,
kalau Uni bukan anak kepala PU,cuman pegawai PU...
Secara umum,....Umak harus selalu bantu dengan usaha kecil2an. Seperti jual es bungkus, atau lontong

maimon herawati mengatakan...

ha ha ha, sammma...

yan sasmi mengatakan...

Assalamu'alaikum Pak Juliandri, masih ingat kah sama saya yansasmi ( kelas phisics sma tiga bukitinggi ) saya ada di jakarta ,email saya sutanmantari10@yahoo.com. Salam untuk keluarga.

maimon herawati mengatakan...

Pak Yansasmi, kalau satu kelas, musti baliau ingek.
Cuman, alun sempat menyampaikan ka baliau salam Bapak.
Tunggu pulang dulu :-)
Mokasi salamnyo. Mokasi lai masih ingek jo baliau.

IrfanLisa PANCHA mengatakan...

Kalo semua bahan2 toxicnya ditutup rapat, ya berarti gak usah pake acara lari terus balik lagi...:) Kayak apaan aja...Hehehe...
Gloves and masker tetep dipake kalo mau kontak langsung. Kalau memang terpaksa harus menghirup uapnya, jangan secara langsung. Tapi dikibas2 dengan tangan (kayak nyium bau masakan gitu...) dan dengan jarak yang agak jauh.

Mungkin Pak Andri bisa kasih jawaban yang lebih memuaskan, Beliau kan dah EXPERT :).

riga salampessy mengatakan...

kimia......? ih serem.
dulu saya ngotot mo masuk kimia gara2 gak bisa2 kimia di sma, he he nekat kan.
tetep aja gak masuk tuh...

ira yanti mengatakan...


Hmmm... Pinkan sekaleee... sebelum ada pencerahan dari para sisters dan ehm...brothers!

maimon herawati mengatakan...

Lisa,
Pak Andri? ah, apalagi...
Kalau ditanya sodium carbonate, atau apa gitu, paling dijawab, kayak garam Umi. Nggak apa-apa. Asal jangan ditelen. Yeee.

maimon herawati mengatakan...

sukurlah Yang, nggak masuk, he he he
Kalo nggak, gimana cara bisa ketemu dikau, belahan hati...

maimon herawati mengatakan...

haaa? Masa iya Ra?

Dinar Ardanti CaraSehatAlaMe mengatakan...

ngikik abiiizzz .. xixixi ..

btw, asik dunk kalo @home ada guru privat kimia gratissss .. di tempat kerja dipratekkin deh ilmu kimianya .. ^_^

maimon herawati mengatakan...

iya. beliau mah ensiklopedia kimia hidup.
'Bi, ada beda nggak antara poyassium permanganate dengan potassium manganate (VII)?'
de el el....
Always on the phone kalo bingung, he he he.
Cuman, sering keki juga. Nanya sodium chloride, dijawab, kayak garam dapu umi...Kan ketahuan banget aye mah telmi pisan...

Dinar Ardanti CaraSehatAlaMe mengatakan...

saya malah udah lupa istilah2 kimia teh .. hanya ingat sedikit cara menghapal nama unsur2 kimia (biasanya ada di halaman terakhir buku pelajaran Kimia) .. H (Hidrogen) Li (Lithium) Na (Natrium atau Nitrogen ya teh ? lupa euy) K (Kalium) Cs (Ini apa ya ?) Fr (Lupa juga), cara menghapalnya Hari Libur Nasional Kamis Cs Friday .. wekekekek :D

dulu jaman sma sempat mikir .. untuk apa ya belajar kimia ? Bisa diterapkan untuk apa saja .. (pertanyaan yg sama juga utk pelajaran Fisika) .. akhirnya saya ga nyemplung di kedua bidang tsb (benar2 nggak ngerti manfaatnya .. huh kalo tahu dari dulu mah tnyata bmanfaat bgt dua bidang tsb .. grrrrrrrr) .. :D .. ini mah jadi curhat namanya ya ? :D ..

maimon herawati mengatakan...

sebelum kerja di sini juga dah lupa,kecuali molaritas doang yang masih nempel.
mah, sekarang udah nggak takjub2 lagi.
(Alhamdulillah juga, molaritas yg banyak dipake dalam nyediain solution, he he)

zainur rofikoh mengatakan...

Baca tulisan ini jadi ketawa...... lucu, geli, salut......campur-campur deh, jadi enak deh ...... :D

maimon herawati mengatakan...

iya nih Mbak..
Kerja di sini juga banyak lucunya

Ari Condro mengatakan...

mbak imun,

aku minta tolong buat cari info ttg pelajaran kimia. sebenarnya sih butuh kurikulum, silabus (all about metode pembelajaran), buku pelajaran, bank soal. lho .. kok jadi banyak, ya deh, dikit dikit ajah, link link yg berhubungan dengan kurikulum dan metode pembelajaran deh kalo ada.

Lagi bantuin sekolahku buat ngejar kualitas pendidikan via SNBI nih. link berkaitan diskusi SNBI ini bisa dilihat di http://www.ikastara.org/forums/showthread.php?t=10&highlight=snbi

salam,
Ari Condro

maimon herawati mengatakan...

looo, mau yang mana?
SNBI teh naon?
kalo di rumah banyak nih buku GCSE dan A Level...
spesifik lagi doong

Ari Condro mengatakan...

SNBI itu Sekolah Nasional Bertaraf Internasional. Link ngorbrolin SNBI itu ada di link yg saya pasang diatas. Pas banget tuh kalo ada buku buku GSCE A level, perlunya sih buku sains (biologi, fisikia, kimia), matematika plus buku buku bak soalnya. cuman kemarin sih, biar gak ngeberatin teh imun, nyari masalah kurikulum, standar KBK nya, ama metode pembelajaran di sono. Itupun mintanya yg kimia level sma aja dulu heehhe

maimon herawati mengatakan...

oke...:-))
kebetulan, saya emang pemulung :-))
Insya Allah Mas